jump to navigation

3:55 Februari 22, 2008

Posted by anick in All Quotes, Book 3.
trackback

… di Italia, seorang ahli ilmu sosial, Maria Palmieri, menulis dengan keras : demokrasi adalah sebuah bentuk organisasi sosial dan politik yang haram jadah. Orang banyak diciptakan untuk dipimpin, dan bukan untuk memimpin, dan akhirnya diciptakan untuk jadi budak, dan bukan jadi tuan …

Iklan

Komentar»

1. refanidea - Maret 4, 2008

…. di Indonesia, seorang biasa, Refanidea, menulis dengan santai ..
Manusia terjebak pada pertanyaan: apakah pemimpin dilahirkan dengan bakat bawaan atau pemimpin bisa dibentuk dan diciptakan? Sederhana saja, kepemimpinan pertama adalah memimpin diri sendiri. Dan manusia bisa belajar tentang banyak hal.

Demikian juga tentang budak, tak perlu bertanya apakah budak dilahirkan atau diciptakan. Sederhana saja, perbudakan pertama adalah memperbudak diri sendiri. Dan manusia berhak berhenti belajar.

Itu semua pilihan. Secuil hubungannya dengan demokrasi, ahli ilmu sosial, bahkan haram jadah.

.

2. iwan koswadhi - April 4, 2008

Sebentar..sebentar,

Bagaimana kalau begini; Demokrasi adalah bentuk kebodohan umat manusia yang paling nyata, karena memandang manusia hanya sebatas gumpalan darah dan daging semata. Ia tak bisa memandang dan membedakan derajat kualitas kemanusiaan. Mana mungkin seseorang yang berpengetahuan mempunyai suara sama dengan seseorang yang tidak berpengetahuan? Demokrasi di Sarang Penyamun, hanya akan menciptakan Pemimpin Penyamun…

Sebetulnya Demokrasi sesuai Sila ke-4 Pancasila sudah tepat: Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan.

Jadi, yang boleh memimpin rakyat adalah “Hikmah Kebijaksanaan” — artinya hanya mereka yang telah memiliki kualifikasi pengetahuan
yang tinggi (hikmah) dan bijaksana yang boleh memimpin, segala urusan penting harus selalu dimusyawarahkan (oleh orang-orang yang ‘hikmah dan bijaksana’) dan melalui konsep perwakilan (tak perlu melibatkan orang yang tidak ‘hikmah dan bijaksana’).

Jadi, menurut saya (bukan ahli ilmu sosial Italia), Demokrasi menjadi wadah haram jadah tatkala dijalankan oleh masyarakat yang tak cerdas!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: